Kita seringkali mendengar istilah desain, grafis, permodelan dan sebagainya dalam kehidupan sehari-hari. Namun sudahkah Anda paham dasar tentang semua itu? Nah, disini akan dijelaskan apa itu desain dan yang hal yang berhubungan lainnya.
Desain adalah seni terapan, arsitektur dan pencapaian kreatif lainnya. Desain juga diartikan sebagai kerangka bentuk atau rancangan.
Pemodelan adalah pola/contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang. Pemodelan adalah tahap dimana akan dibentuknya suatu obyek. Proses pemodelan ini memerlukan perancangan dengan beberapa langkah saat pembuatannya.
Grafik didefinisikan sebagai pengungkaapn dan perwujudan dalam bentuk huruf, simbol dan gambar dengan menggunakan proses pencetakan. Grafik juga didefinisikan sebagai suatu manipulasi model dan citra.
Dari ketiga definisi di atas dapat disimpulkan desain pemodelan grafik adalah proses penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan software dan melalui beberapa tahapan yaitu membuat, menyimpan dan manipulasi model dan citra.
- Unsur-unsur Desain
BENTUK - Bentuk A adalah daerah mandiri didefinisikan geometris (kotak dan lingkaran), atau organik (bentuk bebas yang terbentuk atau bentuk alam). Sebuah bentuk positif secara otomatis membuat bentuk negatif.
ARAH - Semua garis memiliki arah - Horizontal, Vertikal atau Oblique. Horizontal menunjukkan ketenangan, stabilitas dan ketenangan. Vertikal memberikan perasaan keseimbangan, formalitas dan kewaspadaan. Oblique menunjukkan gerakan dan tindakan
UKURAN - Ukuran hanyalah hubungan area yang digunakan oleh salah satu bentuk untuk yang lain.
TEKSTUR - Tekstur adalah kualitas permukaan bentuk - kasar, halus, dll mengkilap keras lunak
WARNA - Warna adalah cahaya yang dipantulkan dari objek. Warna memiliki tiga karakteristik utama: rona atau namanya (merah, hijau, biru, dll), nilai (bagaimana terang atau gelap itu), dan intensitas (seberapa terang atau membosankan itu).
- Prinsip-prinsip Desain
KEDEKATAN - Kedekatan menciptakan hubungan antara unsur-unsur. Ini memberikan titik fokus. Kedekatan tidak berarti bahwa unsur-unsur harus ditempatkan bersama-sama, itu berarti mereka harus secara visual terhubung di bagaimanapun.
BARIS - Memungkinkan kita untuk menciptakan ketertiban dan organisasi. Menyelaraskan elemen memungkinkan mereka untuk membuat koneksi visual yang satu dengan yang lainnya.
PENGULANGAN - Pengulangan memperkuat desain dengan mengikat bersama elemen individu. Ini membantu untuk menciptakan hubungan dan konsistensi. Pengulangan dapat membuat ritme (perasaan gerakan terorganisir).
KONTRAS - Kontras adalah penjajaran menentang elemen (warna berlawanan pada roda warna, atau cahaya nilai / gelap, atau arah - horizontal / vertikal). Kontras memungkinkan kita untuk menekankan atau menonjolkan elemen kunci dalam desain Anda.
RUANG - Ruang dalam seni mengacu pada jarak antara atau daerah, sekitar, di atas, di bawah, atau dalam elemen. Kedua ruang positif dan negatif merupakan faktor penting yang harus dipertimbangkan dalam setiap desain.
- Jenis-jenis Software Desain Grafis
* Desktop publishing
* Adobe Photoshop
* Adobe Illustrator
* Adobe Indesign
* Page Maker
* Coreldraw
* GIMP
* Inkscape
* Adobe Freehand
* Adobe image ready
* CorelDraw
* Webdesign
* Macromedia Dreamweaver
* Microsoft Frontpage
* Notepad
* Adobe Photoshop
* Audiovisual
* Adobe After Effect
* Adobe Premier
* Final Cut
* Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
* Ulead Video Studio
* Magic Movie Edit Pro
* Power Director
* Rendering 3 Dimensi
* 3D StudioMax
* Maya
* AutoCad
* Google SketchUp
Nah itulah beberapa hal-hal dasar yang berkaitan dengan desain dan lingkup didalam desain itu sendiri. Sekian dan jangan lupa subscribe blog ini di kanan atas yaa!
Article in English
We often hear the term graphic design, modeling and so on in everyday life. But did you know the basics of it all? Well, here it is explained what design and other related matters.
Design is the applied art, architecture and other creative achievement. Design is also interpreted as a frame shape or design.
Modelling is a pattern / example of something that would be made or designed. Modeling is the stage where it will be the establishment of an object. The modeling process requires a design with multiple steps time of manufacture.
Graph is defined as pengungkaapn and embodiment in the form of letters, symbols and images using the printing process. The graph also defined as a manipulation of the model and the image.
From that three definitions above we can conclude graphic design modeling is the process of creating a new object by using the software and through several stages of creating, storing and manipulation of models and images.
- The elements of design
SHAPE - A shape is a self contained defined area of geometric (squares and circles), or organic (free formed shapes or natural shapes). A positive shape automatically creates a negative shape.
DIRECTION - All lines have direction - Horizontal, Vertical or Oblique. Horizontal suggests calmness, stability and tranquillity. Vertical gives a feeling of balance, formality and alertness. Oblique suggests movement and action
SIZE - Size is simply the relationship of the area occupied by one shape to that of another.
TEXTURE - Texture is the surface quality of a shape - rough, smooth, soft hard glossy etc.
COLOUR - Colour is light reflected off objects. Color has three main characteristics: hue or its name (red, green, blue, etc.), value (how light or dark it is), and intensity (how bright or dull it is).
- The Principles of Design
PROXIMITY - Proximity creates relationship between elements. It provides a focal point. Proximity doesn't mean that elements have to be placed together, it means they should be visually connected in someway.
ALIGNMENT - Allows us to create order and organisation. Aligning elements allows them to create a visual connection with each other.
REPETITION - Repetition strengthens a design by tying together individual elements. It helps to create association and consistency. Repetition can create rhythm (a feeling of organized movement).
CONTRAST - Contrast is the juxtaposition of opposing elements (opposite colours on the colour wheel, or value light / dark, or direction - horizontal / vertical). Contrast allows us to emphasize or highlight key elements in your design.
SPACE - Space in art refers to the distance or area between, around, above, below, or within elements. Both positive and negative space are important factors to be considered in every design.
- Graphic Design Softwares
* Adobe Photoshop
* Adobe Illustrator
* Adobe Indesign
* Page Maker
* Coreldraw
* GIMP
* Inkscape
* Adobe Freehand
* Adobe image ready
* CorelDraw
* Webdesign
* Macromedia Dreamweaver
* Microsoft Frontpage
* Notepad
* Adobe Photoshop
* Audiovisual
* Adobe After Effect
* Adobe Premier
* Final Cut
* Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
* Ulead Video Studio
* Magic Movie Edit Pro
* Power Director
* Rendering 3 Dimensi
* 3D StudioMax
* Maya
* AutoCad
* Google SketchUp
Yap, thats all basically about design and everything in it you have to know. Thanks and don't forget to subscribe this blog on the right up side yaa!
Name: Oky Oktavian Asha
NPM: 55412593
Class: 3IA19
*this article is for softskill assignment for Gunadarma University.
sources: http://2012books.lardbucket.org/books/designing-business-information-systems-apps-websites-and-more/s07-01-c-r-a-p-principles-of-graphic-.html
http://www.j6design.com.au/ClientArea/6fundamentalprincipleofdesign
http://en.wikipedia.org/wiki/Design_elements_and_principles
0 comments