Soal
- Apa yang kalian ketahui tentang permodelan grafik?
- Sebutkan dan jelaskan macam-macam permodelan grafik?
- Jelaskan yang kalian ketahui tentang perkembangan desain permodelan grafik di saat ini?
- Sebutkan tools-tools untuk permodelan grafik?
1. Desain Pemodelan Grafik adalah proses merencanakan atau merancang, membuat objek baru kemudian memproses obyek tersebut menjadi suatu bentuk yang diinginkan dengan bantuan software komputer.
Berikut ini merupakan kegiatan yang berkaitan dengan grafik komputer:
Pemodelan geometris : Menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D.
Rendering : Memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
Animasi :Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behaviour objek bergantung waktu.
Graphics Library/package : Perantara aplikasi dan display hardware(Graphics System) (contoh : OpenGL)
Application program : Memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics library. Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra.
Citra : Merupakan hasil akhir dari sintesa, disain, manufaktur, visualisasi dll.
2. Macam-macam permodelan grafik:
Objek 2 Dimensi
Dalam dunia komputerisasi grafik komputer 2D adalah sebuah generasi gambar digital berbasis komputer, yang kebanyakan mengambil objek-objek dua dimensi. Model grafik tersebut merupakan kombinasi dari model geometri (grafik vektor) gambar digital (raster Graphics), fungsi matematika, dan sebagainya.
Macam-macam objek 2 Dimensi:
Line, Circle, Arc, Polygon, Text, Section, Rectangle, Ellips, Donut, Star, Helix
Objek 3 Dimensi
3D biasa disebut benda yang memiliki panjang, lebar, tinggi. Grafil 3D merupakan teknik yang berpatokan pada titik sumbu X (datar), sumbu Y (tegak), dan sumbu Z(miring). 3D, biasanya digunakan dalam penanganan grafis. Secara umum 3D menunjuk pada kemampuan dari sebuah video card. Grafik 3D merupakan perkembangan dari grafik 2D. Dalam grafika komputer, 3D merupakan bentuk grafik yang menggunakan representasi data geometri tiga dimensi. Proses pembuatan grafik komputer 3D dapat dibagi ke dalam tiga fase, yaitu 3D modeling yang mendeskripsikan bentuk dari sebuah objek, layout dan animation yang mendeskripsikan gerakan dan tata letak sebuah objek, dan rendering yang memproduksi image dari objek tersebut.
Macam-macam objek 3 Dimensi:
Cube, Sphare, Tube, Pyramid, Plane, Oval,dll
3. Perkembangan desain grafis saat ini sudah berkembang pesat terutama dengan adanya bantuan teknologi. Beberapa perkembangan desain grafis saat ini yaitu dalam dunia game terutama game 3 dimensi yang terbentuk dari suatu objek yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi dengan 3 titik koordinat x, y, dan z. Dimana bentuk game 3 d imensi sekarang memiliki tampilan bentuk yang halus dan detail, sehingga membuatnya mendekati kenyataan dengan tambahan efek-efek yaitu penyinaran dan sebagainya. Semakin bagus dan detail tampilan dari suatu game tersebut di butuhkan kekuatan ekstra untuk melakukan render dalam tiap tampilan pada game tersebut.
Namun ada suatu alat dengan konsep virtual reality yaitu Oculust rift perangkat berbentuk seperti kaca mata yang menyajikan lingkungan tiga dimensi dalam game yang sangat nyata, hingga membuat penggunanya merasa seperti benar-benar "terjun" ke dunia maya. Proses rendering dalam game tersebut sangat berat jika dibandingkan game 3 dimensi. Karena GPU harus bekerja atau memproses dua kali masing-masing untuk mata kanan dan kiri. Desain grafik juga merambah ke dunia gadget seperti handphone, tablet,dll untuk memberikan nuansa tampilan dalam perangkat tersebut.
4.Tools-tools untuk permodelan grafik, yaitu:
Desktop publishing;
Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe IndesignCoreldraw, GIMP, Inkscape, Adobe Freehand, Adobe image ready, CorelDraw, Adobe Page Maker, Paint Tool SAI
Web Desain;
Adobe Dreamweaver, Microsoft Frontpage, Notepad, Adobe Photoshop
Audio Visual;
Adobe After Effect, Adobe Premier, Final Cut, Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash, Ulead Video Studio, Magic Movie Edit Pro, Power Director
Rendering 3 Dimensi;
3D StudioMax, Maya, AutoCad, Google SketchUp, Light Wave, Blender, Softimage
*this article is for softskill assignment for Gunadarma University
Name: Oky Oktavian Asha
Class: 3IA19
NPM: 55412593
nice info
BalasHapusterima kasih infonya
BalasHapus