SEO atau Search Engine Optimization adalah usaha-usaha mengoptimasi website untuk mesin pencari agar mendapatkan peringkat yang lebih baik di hasil pencarian. Mesin pencari menggunakan algoritma tertentu untuk mengurutkan website-website berdasarkan rangking. Dengan mempraktekkan SEO, berarti kita menyesuaikan website kita agar bersahabat dengan algoritma tersebut.
Google (dan mesin pencari lain) adalah sebuah produk. Mereka ingin supaya orang lain puas menggunakan layanan mereka. Pengguna menginginkan supaya website terbaik yang relevan dengan pencarian muncul di halaman pertama. Karena itulah mesin pencari selalu ingin menampilkan hasil terbaik untuk setiap kata kunci yang dimasukkan pengguna.
Jadi inti dari SEO adalah jadikan website anda yang terbaik untuk kata kunci yang anda inginkan. Berikut faktor yang mempengaruhinya:
- Mobile-friendliness
- Konten yang disajikan
- Struktur dan navigasi
- Kepuasan pengguna (User Experience/UX)
- Popularitas
Secara singkat, beberapa hal yang harus dikuasai dalam SEO ialah mengoptimasi halaman website, riset kata kunci (Keyword research), menganalisa kompetisi, membuat konten yang teroptimasi, membangun popularitas, link, dan reputasi, melakukan audit terhadap performa SEO. SEO merupakan bagian dari inbound marketing yang merupakan teknik marketing modern di era digital. Pemasaran inbound, termasuk SEO merupakan metode marketing yang memakan biaya terkecil dibandingkan teknik pemasaran tradisional. Coba perhatikan sajian data dibawah ini:
Dari statistik diatas kita dapat melihat gambaran tentang masa depan dari mesin pencari. Perkembangan yang semakin cepat dan kebiasaan pengguna akan merubah arah dan faktor utama dari SEO.
0 comments